Jumat, 27 Januari 2012

Tujuan Pendidikan


Herarkis Tujuan

Dilihat dari herarkinya tujuan pendidikan terdiri dari tujuan yang sangat umum sampai tujuab yang khusus yang sifatnya spesifik dan dapat dapat diukur. Tujuan pendidikan dari yang bersifat umum sampai kepada tujuan khusus itu dapat diklasifikasikan menjadi empat yaitu:
·         Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
·         Tujuan Institusional (TI)
·         Tujuan Kurikuler (TK)
·         Tujuan Instruksional atau Tujuan Pembelajaran (TP)
 


a.      Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
            TPN  adalah  tujuan  umum  yang  sarat  dengan  muatan  filisofis.  Suatu  bangsa.  TPN  merupakan  sasaran  akhir  yang  harus  dijadikan  pedoman  oleh  setiap  usaha  pendidikan,  artinya  setiap  lembaga  dan  penyelenggara  pendidikan  harus  dapat  membentuk  manusia  yang  sesuai  dengan  rumusan  itu,  baik  pendidikan  yang  diselenggarakan  oleh  lembaga  pendidikan  formal,  imformal  maupun  nonformal.  Tujuan  pendidikan  umum  biasanya  dirumuskan  dalam  bentuk  prilaku  yang  ideal  sesuai  dengan  pandangan  hidup  dan  filsafat  suatu  bangsa  yang  dirumuskan  oleh  pemerintah  dalam  bentuk  undang-undang.  TPN  merupakan  sumber  dan  pedoman  dalam  usaha  penyelenggaraan  pendidikan.
            Secara  jelas  tujuan  Pendidikan  Nasional  yang  bersumber  dari  system  nilai  Pancasila  yang  dirumuskan  dalam  Undang-Undang  No.  20  Tahun  2003,  Pasal  3,  yang  merumuskan  bahwa  Pendidikan  Nasional  berfungsi  mengembangkan  kemampuan  dan  membentuk  watak  serta  perdaban  bangsa  yang  bermartabat  dalam  rangka  mencerdaskan  kehidupan  bangsa,  bertujuan  untuk  berkembangnya  potensi  peserta  didik,  agar  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa,  berakhlak  mulia,  sehat,  berilmu,  cakap,  kreatif,  mandiri,  dan  menjadi  warga  Negara  yang  demokratis  dan  bertanggung  jawab.
            Tujuan  pendidikan  seperti  dalam  rumusan  di  atas,  merupakan  rumusan  tujuan  yang  sangat  ideal  yang  sulit  untuk  direalisasikan  dan  diukur  keberhasilannya,  karena  memang  tidak  ada  ukuran  atau  kreteria  yang  pasati.  Sampai  saat  inni  belum  ada  rumusan  dan  ukuran  yang  jelas  yang  bagaimana  berkembangnya  potensi  manusia  itu,  manusia  yang  bagaimana  yang  berilmu;  atau  manusia  apa  yang  bertakwa  itu.  Apakah  manusia  yang  suka  ke  mesjid,  ke  gerja  atau  ketempat  ibadah  lainnya  sudah  dikatakan  sebagai  manusia  yang  bertakwa?  Belum  tentu  bukun?  Memang  sulit  untuk  mencari  ukuran  dari  tujuan  ideal.  Oleh  karena  kesulitan  itulah,  maka  tujuan  pendidikan  yang  bersifat  umum  itu  perlu  dirumuskan  lebih  khusus.



b.      Tujuan  Institusional

        Tujuan  institusional ,  adalah  tujuan  yang  harus  dicapai  oleh  setiap  lembaga  pendidikan.   Dengan  kata  lain,  tujuan  ini  dapat  didefinisikan  sebagai  kualifikasi  yang  harus  dimiliki  oleh  siswa  setelah  mereka  menempuh  atau  dapat  menyelesaikan  program  di  suatu  lembaga  pendidikan  tertentu.  Tujuan  institusional  merupakan  tujuan  antara  untuk  mencapai  tujuan  umum  yang  dirumuskan  dalam  bentuk  kompetensi  lulusan  setiap  jenjang  pendidikan,  seperti  misalnya  standar  kompetensi  pendidikan  dasar,  menengah,  kejuruan,  dan  jenjang  pendidikan  tinggi.
        Dalam  Peraturan  Pemmerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan  Bab  V  Pasal  26  diljelaskan  Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  jenjang  pendidikan  dasar  bertujuan  untuk  meletakan  dasar  kecerdasan,  pengetahuan,  kepribadian,  akhlak  mulia,  serta  keterampilan  untuk  hidup  mandiri  dan  mengikuti  pendidikan  lanjut.
        Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  satuan  pendidikan  menengah    bertujuan  meningkatkan  kecerdasan,  pengetahuan,  kepribadian,  akhlak  mulia,  serta  ketermapilan  untuk  hidup  mandiri  dan  mengikuti  pendidikan  lebih  lanjut.
         Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  satuan  pendidikan  menengah    bertujuan  meningkatkan  kecerdasan,  pengetahuan,  kepribadian,  akhlak  mulia,  serta  ketermapilan  untuk  hidup  mandiri  dan  mengikuti  pendidikan  lebih  lanjut  sesuai  dengan  kejuruannya.
        Standar  Kompetensi  Lulusan  pada  jenjang  pendidikan  tinggi  bertujuan  untuk  mepersiapkan  peserta  didik  menjadi  anggota  masyarakat  yang  berakhlak  mulia,  mmemiliki  pengetahuan,  kterampilan,  kemandirian,  dan  sikap  untuk  menemukan,  mengembangkan,  serta  menerapkan  ilmu,  teknologi  dan  seni,  yang  bermanfaat  bagi  kemanusiaan.

c.       Tujuan  Kurikuler
Tujuan  kurikuler  adalah  tujuan  yang  harus  dicapai  oleh  setiap  bidang  studi  atau  mata  pelajaran.  Tujuan  kurikuler  dapat  didefinisikan  sebagai  kualifikasi  yang  harus  dimiliki  anak  didik  setelah  mereka  meyelesaikan  suatu  bidang  studi  tertentu  Dallam  suatu  lembaga  pendidikan.  Tujuan  kurikuler  juga  pada  dasarnya  merupakan  tujuan  untuk  mencapai  tujuan  lembaga  pendidikan.  Dengan  demikian,  setiap  tujuan  kurikuler  harus  dapat  mendukung  dan  diarahkan  untuk  mencapai  tujuan  instistusional
Pada  Peraturan  Pemerintah  NO.  19  Tahun  2005  tentang  Standar  Kompetensi  Pendidikan  Pasal  6  dinyatakan  bahwa  kurikulum  pendidikan  umu,  kejuruan,  dan  khusus  pada  jenjang  pendidikan  dan  menengah  terdiri  atas:
1.                  Kelompok  mata  pelajaran  agama  dan  akhlak  mulia;
2.                  Kelompok  mata  pelajaran  kewarganegaraan  dan  kepribadian;
3.                  Kelompok  mata  pelajaran  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi;
4.                  Kelompok  mata  pelajaran  estetika;  dan 
5.                  Kelompok  mata  pelajaran  jasmani,  olahraga  dan  kesehatan.

Sesuai  dengan  Peraturan  Pemerintah  tersebut,  maka  Badan  Standar  Nasional  Pendidikan merumuskan  tujuan  setiap  kelompok  mata  pelajaran  sebagai  berikut:
1)      Kelompok  mata  pelajaran  Agama  dan  Akhlak  Mulia  bertujuan:  membentuk  peserta  didik  menjadi  manusia  yang  beriman  dan  bertakwa  kepada  Tuhan  Yang  Maha  Esa  serta  berakhlak  mulia.  Tujuan  tersebut  dicapai  melalui  muatan  dan  atau  kegiatan  agama,  kewarganegaraan,  kepribadian,  ilmu  pengetahuan  dan  teknologi,  estetika,  jasmani,  olahraga,  dan  kesehatan.
2)      Kelompok  mata  pelajaran  Kewarganegaraan  dan  Kepribadian  bertujuan:  membentuk  peserta  didik  menjadi  manusia  yang  memiliki  rasa  kebangsaan  cinta  tanah  air.  Tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan  dan  atau  kegiatan  agama,  akhlak  mulia,  kewarganegaraan,  bahasa,  seni  dan  budaya,  dan   pendidikan  jasmani.
3)      Kelompok  mata  pelajaran  Ilmu  Pengetahuan  dan  Teknologi  bertujuan  mengembangkan  logika,  kemampuan  berfikir  dan  anlisis  peserta  didik.
4)      Pada  satuan  pendidikan  SD/MI/SDLB/Paket  A,  tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan  dan  atau  kegiatan  bahasa,matematika,ilmu  pengetahuan  alam,  ilmu  pengetahuan  social,  keterampilan/kejuruan,  dan  muatan  local  yang  relevan.
5)      Pada  satuan  pendidikan  SMP/MTS/SMPLB/Paket  B,  tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan  dan  atau  kegiatan  bahasa,  mateematika,  ilmu  pengetahuan  alam,  ilmu  pengetahuan  social,  keterampilan/kejuruan,  dan  atau  teknologi  imformasi  dan  komunikasi,  serta  muatan  local  yang  relevan.
6)      Pada  satuan  pendidikan  SMA/MA/SMALB/Paket  C,  tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan /dan  atau  kegiatan  bahasa,  matematika,  ilmu  pengetahuan  alam,  ilmu  pengetahuan  social,  keterampilan/kejuruan,  teknologi  imformasi  dan  komunikasi,  serta  muatan  local  yang  relevan.
7)      Pada  satuan  pendidikan  SMK/MAK,  ,  tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan /dan  atau  kegiatan  bahasa,  matematika,  ilmu  pengetahuan  alam,  ilmu  pengetahuan  social,  keterampilan,  kejuruan,  teknologi  imformasi  dan  komunikasi,  serta  muatan  local  yang  relevan.
8)      Kelompok  mata  pelajaran  Estetika  bertujuan:  membentuk  karakter  peserta  didik  menjadi  manusia  yang  memiliki  rasa  seni  dan  pemahaman  budaya.  Tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan  dan/ atau  kegiatan  bahasa,  seni  dan  budaya,  keterampilan,  dan  muatan  local  yang  relevan.
9)      Kelompok  mata  pelajaran  Jasmani,  Olahraga,  dan  Kesehatan  bertujuan:  membentuk  karakter  peserta  didik  agar  sehat  jasmani  dan  rohani,  dan   menumbuhkan  rasa  sportivitas.  Tujuan  ini  dicapai  melalui  muatan  dan/atau  kegiatan  pendidikan  jasmani,  olahraga,  pendidikan  kesehatan,  ilmu  pengetahuan  alam,  dan  muatan  local  yang  relevan.



d.      Tujuan  Pembelajaran/Instruksional

Dalam  kalsifikasi  tujuan  pendidikan,  tujuan   pembelajaran  atau  yang  disebut  dengan  tujuan  pendidikan  instruksional,  merupakan  tujuan  yang  paling  khusus.  Tujuan  pembelajaran  adalah  kemampuan  (komptensi)  atau  keterampilan  yang  diharapkan  dapat  dimiliki  oleh  siswa  setelah  mereka  melakukan  proses  pembelajaran  tertentu.  Hal  ini  seperti  yang  dikemukakan  Dick  &Carey  (1095):  the instructional  goal  is  statement  that  describes  what  it  is  that  student  will  be  able  to  do  after  they  have  completed  instruction.  Karena  hanya  guru  yang  memahami  kondisi  lapangan,  termasuk  memahami  karakteristik  siswa  yang  akan  melakukan  pembelajaran  di  suatu  sekolah,  maka  menjabarkan  tujuan  pembelajaran  adalah  tugas  guru.  Sebelum  guru  melakukan  proses  belajar  mengajar,  guru   perlu  merumuskan  tujuan  pembelajaran  yang  harus  dikuasai  oleh  anak  didik  setelah  mereka  selesai  mengikuti  pelajaran.

Selanjutnya,  bagaimana  cara  merumuskan  tujuan  pembelajaran  atau  indicator  hasil  belajar  itu?

Ada  empat  komponen  pokok  yang  harus  Nampak  dalam  rumusan  indicator  hasil  belajar  seperti  yang  digambarkan  dalam  pertanyaan  berikut:
1.                  Siapa  yang  belajar  atau  yang  diharapkan  mencapai  tujuan  atau  mencapai  hasil  belajar  itu?
2.                  Tingkah  laku  atau  hasil  belajar  yang  bagaimana  yang  diharapkan  dapat  dicapai  itu?
3.                  Dalam  kondisi  yang  bagaimana  hasil  belajar  itu  dapat  ditampilkan?
4.                  Seberapa  jauh  hasil  belajar  itu  bias  diperoleh?
Pertanyaan  pertama  berhubungan  dengan  subjek  belajar.  Rumusan  indicator  hasil  belajar  sebaiknya  mencantumkan  subjek  yang  melakukan  proses  belajar,  misalkan  siswa,  peserta  belajar,  peserta  penataran,  dan  lain  sebagainya.  Penentuan  subjek  ini sangat  penting  untuk  menunjukan  sasaran  belajar.
Pertanyaan  kedua  berhubungan  dengan  tingkah  laku  yang  harus  muncul  sebagai  indicator  hasil  belajar  setelah  subjek  mengikuti  atau  melaksanakan  proses  pembelajaran.  Ada  dua  hal  yang  ahrus  diperhatikan  dengan  rumusan  tingkah  laku  ini.  Pertama,  rumusan  tingkah  laku  dalam  pembelajaran  adlah  tingkah  laku  yang  berorientasi  pada  hasil  belajar,  bukan  preses  belajar.  Hal  ini  dimaksudkan  agar  mudah  dilihat  ketercapaiannya  di  samping  rumusan  tingkah  laku  sebagai  dampak  dari  suatu  proses  pembelajaran.  Perhatikan  contoh  rumusan  berikut  ini!
Diharapkan  siswa  dapat  mendiskusikan  pengetian  demokrasi.
Prilaku  mendiskusikan  jelas  bukan  merupakan  perilaku  hasil  belajar  melainkan  perilaku  proses  belajar.  Tingkah  laku  sebagai   hasil  belajar  itu  dirumuskan  dalam  bentuk  kemampuan  atau  kompetensi  yang  dapat  diukur  atau  yang  dapat  ditampilkan  melalui  performance  siswa.  Melalui  kemampuan  yang  terukur  itu  dapat  ditentukan  apakah  belajar  yang  ditentukan  ,  apakah  belajar  yang  dilakukan  oleh  siswa  sudah  berhasil  mencapai  tujuan  atau  belum.  Istilah-istilah  tingkah  laku  yang  dapat  diukur  sehingga  menggmbarkan  indicator  hasil  belajar  itu  diantaranya:
·                     Mengidentifikasi  (identify)
·                     Menyebutkan  (name)
·                     Menyusun  (construct)
·                     Menjelaskan  (describe)
·                     Mengatur  (order)
·                     Membedakan  (different)
Sedangkan  istilah-istilah  untuk  tingkah   laku  yang  tidak  terukur  sehingga  kurang  tepat  dijadikan  sebagai  tingkah  laku  dalam  tujuan  pembelajaran  karena  tidak  menggmbarrkan  inidikator  hasil  belajar,  misalnya:
·                     Mengetahui
·                     Menerima
·                     Memahami
·                     Mancintai
·                     Mengira-ngira,  dan  lain  sebagainya.
Pertanyaan  ketiga  berhubungan  dengan  kondisi  atau  situasi  diaman  subjek  dapat  menunjukan  kemampuannya.  The  situation  in  which  the  behavior  occurs.  Rumusan  tujuan  pembelajaran  yang  abik  harus  dapat  menggambarkan  dalam  situasi  atau  keadaaan  yang  bagaimana  subjek  dapat  mendemonstrasika  performance-nya.
Pertanyaan  keempat  berhubungan  dengan  standar  kualitas  dan  kuantitas  hasil  belajar.  Artinya  standar  minimal  yang  harus  dicapai  oleh  siswa.  Standar  minimal  ini  kadang-kadang  harus  tercapai  seluruhnya  atau  100%,  namun  kadang-kadang  juga  hanya  sebagian  saja.  Kompetensi  yang  berhubungan  dengan  kemampuan  teknis  atau  skill,  misalnya biasanya  standar  minimal  harus  seluruhnya  tercapai  sebab  kalau  tidak  akan  sangat  mempengaruhi  kualitas  pembelajaran.  Seorang calon  dokter,  misalnya  tentu  harus  memiliki  keterampilan  100%  mrnggunakan  pisau  bedahnya  demikian  juga  seorang  pilot,  harus  ,memiliki  kemampuan  yang  utuh  tentang  kemampuan  yang  diajarkannya;  seorang  pembuat  komponen  kendaraan  misalnya  pembuat  baut,  harus  dapat  mencapai  hasil  yang  maksimal  tentang  keterampilannya,  sebab  kalau  tidak  dapat  mempengaruhi  produk  yang  dihasilkannya.  Namun  demikian,  seorang  siswa  SMP  tidak  seharusnya  dapat  menunjukan  kemampuan  maksimal  atau  100%  dari  hasil  belajar  yang  diharapkan.  Misalnya,  diajarkan  3  jenis  system  pemerintahan,  diharapaka  siswa  dapat  menjelaskan  dua  diantaranya  dengan  baik  dan  benar.  Dari  rumusan  tersebut,  jelas  adanya  batas  minimal  yang  harus  dikuasai.  Contoh  lain,  misalkan   diajarkan  5  teori  tentang  asal  usul  kehidupan,  diharapkan  siswa  menyebutkan  3  diantaranya.
Dari  keempat  kreteria  atau  komponen  dalam  merumuskan  tujuan  pembelajaran,  maka  sebaiknya  rumusan  tujuan  pembelajaran  mengandung  unsure  ABCD,  yaitu  Audience  (siapa  yang  harus  memiliki  kemampuan),  Behavior  (prilaku  yang  bagaimana  diharapakan  dapat  dimiliki).  Condition  (dalam  kondisi dan  situasi  yang  bagaimana  subjek  dapat  menunujukan  kemampuan  sebagai  hasil  belajar  yang  telah  diperolehnya),  Degree  (kualitas  atau  kuantitas  tingkah  laku  yang  diharapak  dicapai  sebagai  batas  minimal).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar